Monday, December 17, 2012

Cara Meniru Template Blog Orang Lain Menggunakan Firebug


Hampir satu bulan ga posting karena keasyikan mempercantik tampilan blog dengan meniru kode css blog orang lain, hingga akhirnya saya mencoba mencari tahu dan saya menemukan berbagai cara meniru template blog orang lain melalui perantara mbah google. Salah satu cara yang saya pilih adalah dengan menggunakan add ons firebug, pada template blog ini saya menggunakan template mudah dari perancang template, dengan tata letak 1 kolam. Sebelumnya maaf sob ga ada sedikitpun terniat di hati saya untuk menggurui sobat, artikel ini hanya semata-mata untuk menceritakan pengalaman saya.

Meniru, menjiplak dan menduplikat boleh-boleh saja dan sah, tetapi jangan seratus persen. Memang ada beberapa hal yang boleh ditiru seratus persen, tetapi ada juga hal-hal tertentu yang jika tetap dipaksakan dalam meniru akan berakibat buruk.

Desain blog, saya banyak meniru dari blog-blog lain yang sudah pengalaman dan mempunyai keahlian dalam desain. Salah satu cara yang sering saya lakukan dalam meniru ataupun mencari tahu kode template blog orang lain adalah dengan menggunakan add on firebugs  untuk mencoba add-ons firebugs silahkan sobat download add-ons firebugs setelah didownload:

Instal > tunggu sampai prosesnya selesai, setelah selesai  restart browser sobat, silahkan sobat buka blog siapa saja, setelah  berada di halaman blog, click kanan dihalaman tersebut lalu pilih inspect element with firebug maka firebug akan menampilkan  element kode template yang sedang sobat buka tadi. Silahkan pilih tool-tool yang disediakan firebug seperti HTML, Java Script, Css. untuk mengetahui element kode Css misalnya, sobat tinggal Click tombol Css yang ada pada tool tersebut. sebagai contoh tampilan Firebugs yang sedang aktif seperti gambar dibawah:

Untuk awal-awalnya mungkin sobat agak sedikit kebingungan, sama seperti saya yang dulu awal-awalnya merasa pusing, tapi Alhamdulillah setelah saya mencoba berulang-ulang kali akhirnya saya bisa menggabungkan beberapa kode, dari beberapa template. O ia hampir lupa, selain cara yang sudah saya jelaskan tadi sobat juga bisa meniru kode html, Css blog orang lain dengan cara melihat Page sourcenya dengan cara Click kanan >>View Page Source atau dengan cara menekan Ctrl+U.

Buat sobat yang lebih mahir dalam bidang Cara Meniru Template Blog Orang Lain Menggunakan Firebug ini saya mohon untuk bisa meberikan kritik dan saran dari sobat, kerena kotak komentar blog ini selalu terbuka lebar untuk komentar sobat yang bersifat membangun dan bertujuan positif. Doing positive things that will make life seem more beautiful....

Referensi: 
http://newbeingetop.wordpress.com/2011/10/02/cara-hack-template/

No comments:


web stats